Jumat, 20 Maret 2015

Getting The Boot by Peggy Guthart Strauss


Getting the Boot merupakan salah satu bagian dari S.A.S.S. (Students Across The Seven Seas), yang aku dapetin dari lelang buku BBI for charity. Buku ini cocok ketika kamu mencari bacaan yang ringan. Bercerita tentang Kelly, dan sahabat dekatnya Sheela dan tentunya teman-teman program S.A.S.S -nya. 


Kelly yang berusaha mati-matian agar bisa ikut masuk program S.A.S.S. sedangkan sahabatnya, Sheela dengan mudah masuk pada program tersebut. Ketika pengumuman tiba, dia harus menjadi siswa yang masuk dalam daftar tunggu, dan usahanya yang mati-matian itu berhasil membuatnya masuk dalam program tersebut.

Sheela, si kutubuku dan tidak bisa sebaik Kelly ketika bersosialisasi dengan orang baru. Tetapi pada program sekolah musim panas itu Sheela benar-benar beda. Dia bertemu dengan cowok dan dengan malu-malu dia memulai kisah cintanya.  

Awalnya Kelly berharap dengan mengikuti program sekolah musim panas di Italy agar dia bisa bersenang-senang di Italy - berbelanja habis-habisan, dan tinggal di apartemen dengan pemandangan Colosseum - nyatanya, Kelly harus tinggal dalam asrama yang indah tapi dengan kamar asrama sempit (dengan suhu panas tentunya, tanpa AC) dan harus dibagi dengan tiga cewek lain -Sheela, Minnie, dan Lisa - yang tidak semuanya suka pada Kelly. 

Tetapi, disana Kelly bertemu dengan Joe, cowok yang super imut dari California. Joe dengan kehidupan sosialnya, Joe yang suka clubing, pesta, dan juga pulang lebih dari batas waktu yang ditentukan -beberapa hal yang sesuai dengan keinginan Kelly ketika mengikuti program ini-. Membuat Kelly berulang kali telat pada kelasnya, membuat Kelly harus menerima ocehan teman sekamarnya karena membangunkan mereka dini hari. Membuat Kelly masuk pada daftar siswa yang bandel. Karena seringkali lupa belajar dan lupa mengerjakan tugas.

Andrea, guru favorit Kelly dalam kelas seni. Yang tidak ragu memuji karya-karya Kelly. Dia selalu semangat dan waktu terasa singkat jika mengikuti kelas Andrea. Beda dengan Sheela yang mengambil hampir semua pelajaran yang ditawarkan, sedangkan Kelly hanya memilih yang berkaitan dengan seni.

Marina, cewek yang berpenampilan gothic yang ditakuti semua cowok yang ikut program musim panas, tidak ada yang berani mendekatinya kecuali Kelly. Ternyata Marina cewek yang asik dan misterius, dibalik penampilannya dia menyimpan berbagai misteri. Bukan Kelly namanya kalau tidak bisa mengakrabkan diri dengan Marina.

Hingga pada suatu hari, Kelly sadar bahwa Joe membawa pengaruh buruk baginya. Teman-teman Kelly yang awalnya menjauhinya pun memberikan semangat pada Kelly, menyetujui bahwa mendepak Joe adalah satu keputusan yang sangat berani. Tidak sampai di situ, Joe menjebak Sheela dalam suatu kasus yang membuatnya hampir dikirim pulang.

Berbagai masalah yang dihadapi Kelly dalam program sekolah musim panas ini, tidak membuatnya menyerah dan yang paling parah adalah ketika dia hampir dikirim pulang. Tugas membuat mural pada dinding kafetaria. Yang terinspirasi dari hasil tour program sekolahnya menuju setiap inci jalanan Roma dan Italy yang sempit. Perjalanan ke Venice, Florence, Siena, Naples dan Pompeii yang membuatnya terus menekuni muralnya. Dan ketika di Vatikan -gara-gara dia terkena masalah ((lagi))- dia bertemu dengan cowok asli Italy yang cerdas dan super cute.

Pidato Sheela untuk perpisahan program S.A.S.S. sangat menyentuh
Hal tersulit di dunia ini adalah menjaga keutuhan sebuah persahabatan hingga akhir hayat. Begitu banyak yang bisa menjadi penghalang: konflik kepentingan; perbedaan pendapat dalam politik; perubahan karakter yang terus-menerus. Biarlah ini, untuk itu, dijadikan sebagai hukum pertama dalam persahabatan, bahwa yang harus kita minta dari sahabat, dan yang kita lakukan untuk sahabat, hanyalah apa yang baik. Tapi jangan biarkan diri kita menunggu untuk diminta.... Biarlah kita yang memiliki keberanian untuk memberi nasehat dengan kejujuran. Bagaimana mungkin hidup ini berarti untuk dijalani jika tidak ada ketenangan yang bisa ditemukan dalam kebaikan seorang teman? Apa yang lebih menyenangkan daripada memiliki seseorang kepada siapa kau bisa mengatakan apa saja dengan keyakinan yang mutlak sama seperti pada dirimu sendiri? 
Yang terbesar di antara segalanya adalah persahabatan.

Buku ini mengajakku untuk berkeliling Roma dan Italy sekaligus! Pemandangan reruntuhan, bangunan kuno serta karya seni yang sangat luar biasa.

Dan ketika berkunjung ke Italy, tepatnya di Venesia jangan lupa untuk menaiki gondola

Dua hal tersebut merupakan bagian kecil dari keindahan Roma dan Italy yang dijelaskan di buku ini. Pada akhirnya, aku suka bagaimana Kelly belajar dari semua masalah yang dibuatnya.


Xo,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar