Rabu, 25 Maret 2015

Opini Bareng BBI [Alur Cerita]


Baru pertama kali ikutan opini bareng BBI dikarenakan bulan-bulan lalu lupa update *alesan*
Tema bulan maret ini adalah Alur Cerita. 
Alur cerita atau sering juga disebut dengan plot, merupakan rangkaian peristiwa atau kejadian yang sambung-menyambung dalam suatu cerita. Alur cerita dibagi menjadi tiga, yaitu alur maju, alur mundur, dan alur campuran (gabungan antara alur maju dan alur mundur).


"Apakah kamu tipe yang ingin alur cerita maju teratur atau melompat-lompat? 
Buku dengan alur yang paling menyenangkan dan paling menyebalkan yang pernah kamu baca?"

Kalo aku pribadi sih, bukan tipe pemilih mengenai alur cerita. Engga masalah apakah itu alur maju, mundur, atau melompat-lompat. Asalkan penulis bisa menyampaikannya dengan baik. Selama penulis tidak membuat aku bingung dan bertanya-tanya. It's okay. 
Jika penulis sedang bercerita dan disitu ada kejadian masa lampau, biasanya ada tandanya. Misal, dengan menggunakan jenis font yang berbeda. Tapi kadang kala ada penulis yang langsung grasak grusuk menuliskannya tanpa ada intro kalau dia menceritakan masa lampau. Sekali lagi, aku engga masalah kalau ceritanya itu dengan alur maju, alur mundur, ataupun alur campuran. Tapi penulis harus bisa membuat pembaca paham dan mengerti. 

Dan untuk buku dengan alur yang paling menyenangkan dan paling menyebalkan?
Sejauh ini ga ada buku favorit ataupun yang ga aku suka gara-gara alur ceritanya. Semuanya baik-baik saja, karena sampai ketika aku menuliskan ini pun tidak ada ingatan yang menjelaskan bahwa aku engga menyukai buku tertentu gara-gara alur cerita. Yey!

Sampai bertemu bulan depan.

Xo,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar