Minggu, 10 Februari 2019

Di Simpang Jalan by Titi Sanaria



5/5 stars.


Judul : Di Simpang Jalan
Penulis : Titi Sanaria
Penerbit : Elex Media Komputindo
Jumlah Halaman : 400
Tahun Terbit : 2018

Setelah terakhir kali baca tema perjodohan novelnya Tia Widiana yang berjudul Mahogany Hills, akhirnya nemu juga novel dengan tema yang sama! haha gatau kenapa suka aja sama tema perjodohan *weird, huh?

Di Simpang Jalan bercerita tentang dua orang yaitu Dody dan Rhe. Mereka dijodohkan oleh orang tua mereka yang memang bersahabat sejak lama. Dan kebetulan pada saat itu Rhe memang lagi jomblo, baru putus dari mantan pacarnya dan dia masih belum bisa move on. Dia menuruti permintaan mamanya untuk bertemu dengan Dody dan berencana itu adalah pertemuan pertama dan terakhirnya. Tetapi Dody yang sudah berjanji pada ibunya bahwa dia tidak akan hanya bertemu satu kali saja dengan Rhe membuatnya harus merencanakan pertemuan selanjutnya. 
Bagi Rhe, Dody tidak akan kesulitan untuk menikah dengan gadis cantik manapun tanpa melalui perjodohan ini. Rhe tahu itu, sejak pertemuan pertamanya dengan Dody.
Di pertemuan kedua itulah Rhe membuat kesalahan yang fatal karena mencoba memancing kemarahan mantan pacarnya dengan membuat pernyataan bahwa dia bersedia menikah dengan laki-laki yang sudah dipilihkan mamanya dan tentunya laki-laki itu belum benar-benar dikenali Rhe, Dody.
"Seandainya aku bisa mengepak hati dan memasukkannya ke dalam koper saat berkemas. Mungkin pergi tidak akan sesulit ini."
Kejanggalan yang terjadi bahkan saat pertama kali dia mengunjungi rumah ibu mertuanya dan memasuki kamar Dody. Memang benar, seperti bertaruh di meja judi, kecil kemungkinan pernikahan mereka berhasil.
"Ternyata aku menikah dengan seorang yang masih memeluk erat masa lalunya. Hebat."
Akan mudah bagi Rhe meninggalkan Dody jika saja kenyataan bahwa cintanya kepada Dody belum tumbuh.

Source : Pinterest

Novel ini diceritakan dari sudut pandang Rhe, serius aku jadi penasaran bisa mendengarnya dari sudut pandang Dody (lagi-lagi aku selalu ingin mendengar dari kedua sisi, abis penasaran sih :p).
Sejujurnya aku suka sih sama Dody. That's why, aku juga pengen denger cerita dari sudut pandangnya.

Karena spontanitas yang dilakukannya sendiri Rhe jadi terjebak dalam perjodohan yang dibuat oleh orang tuanya, pernikahan mereka berlangsung tidak lama setelah Rhe mengucapkan pernyataan itu didepan mantan pacarnya yang kemudian didengar oleh Dody.

Dan kisah kehidupan mereka sebagai suami istripun berjalan sewajarnya. Hingga kejanggalan itu bermunculan. Hingga keputusan perpisahan yang seharusnya tidak pernah ada itu terucapkan. Usaha mempertahankan pernikahanpun diupayakan. Berhasil atau tidaknya silahkan baca sendiri yaa :p
"Jodoh memang bisa tersesat, tapi tidak akan pernah tertukar."
Overall, suka banget sih sama kisah Di Simpang Jalan. Meskipun bacanya sempet tertunda, akhirnya menyelesaiakan bab-bab berikutnya dengan satu kali baca!

Apakah kalian juga punya rekomendasi bacaan bertema perjodohan favorit kalian? Boleh dong di share :))


Tidak ada komentar:

Posting Komentar